Cara Menghubungkan Controller PS 3 Ke PC atau Laptop - Willy Zondri

29 Juli 2017

Cara Menghubungkan Controller PS 3 Ke PC atau Laptop

Oke teman - teman kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara menghubungkan Controller PS 3 ke PC atau pun Laptop teman - teman.

Berawal dari rasa penasaran dan keinginan untuk bermain game dengan menggunakan controller ps3 saya pun mencari - cari informasi dan artikel tentang cara mengkoneksikan controller ps3 ke PC/Laptop. Akhirnya berhasil walaupun diawalnya banyak mengalami kegagalan.

Oke langsung saja, kita bahas cara mengkoneksikan controller ps3 nya.

Yang pertama persyaratannya harus terpenuhi dulu, adapun persyaratannya sebagai berikut.
1. Controller PS3 nya. Contoller nya boleh KW asli lebih baik.
2. Bluetooth dongle. Saya menyarankan teman - teman untuk menggunakan Bluetooth dongle dari pada menggunakan Bluetooth bawaan laptop sebab, Bluetooth bawaan laptop sulit untuk dikonfigurasikan.
3. SCPToolkit. ya itu adalah sebuah software yang berfungsi sebagai perantara hubungan laptop dengan controller ps3 nya.
4. Kabel USB Controller.
5. OS yang saya rekomendasikan adalah windows 10. Yang lain jg gpp.

Uraian.

Pertama sekali download software scptoolkitnya dan install. Saat penginstallan softwarenya pastikan laptop / pc teman - teman terkoneksi dengan internet, karena saat penginstallan ini dibutuhkan internet untuk mendownload file vcredist 2010 dan vcredist 2012. Atau teman teman juga bisa mendownloadnya secara langsung di websitenya Microsoft.

Kemudian Install SCPToolkitnya.

Setelah terinstall, tancapkan Bluetooth dongle pada laptop dan controller ps3 nya dengan menggunakan kabel usb tadi.

Lalu buka aplikasi scpdrivernya pada desktop. Nanti akan ada pilihan untuk menginstall Bluetooth dan Controller PS3 nya.

Pilih sesuai dengan device milik teman - teman, lalu pencet tombol install.

Jika telah terinstall dengan baik. Cabut kabel controller beserta denga Bluetooth donglenya lalu pasang kembali.

Setelah di pasang buka SCP Server dan lepaskan kabel usb controller dan stik controller secara otomatis akan tersambung dengan laptop teman - teman. Untuk menonaktifkan controller cukup pencet tombol Playstation + R1 + L1 secara bersamaan dan tahan selama beberapa menit.

Selamat mencoba.

Saya sudah mencobanya dengan menggunakan stik ps4 ori dan di sandingkan dengan stik ps3 yang kw dan semuanya berjalan dengan lanjar.

Sedikit tips.
Saat membeli Bluetooth dongle nya pastikan sudak Versi V2.0, karena ada Bluetooth dongle yang bermasalah dan tidak bisa menghubungkan ps3 dengan laptop.

Sekian dan terima kasih selamat mencoba.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ya :D
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done